Selasa, 14 Desember 2010

Bikin Kabel Data Esia? Gampang!!!






Udah tau kan gambar yang di sebelah ini? Ya ini handphone esia keluaran huawei dari salah satu produknya. Di Indonesia khususnya di daerah saya, Jakarta Timur, handphone bundling esia tersebut sudah banyak yang menggunakan. Setiap orang pasti punya handphone keluaran esia ini. Tapi untuk yang bosan dengan menu esia yang itu - itu aja seperti wallpaper dan bunyi ringtone, di sini saya akan mencoba mengupas tentang bagaimana cara buat kabel data esia.
  • Bahan yang digunakan
    1. Kabel data dku5/ca42 yang bisa di beli di toko2 handphone. Biasanya harganya 35 ribuan.
    2. Kabel data mini usb
    3. Cuter atau gunting (masa pake di kasih gambar juga sih, hehehe)
    4. Solder
    5. Multy Tester
    6. Timah solder
    7. Solasi hitam
  • Langkah pengerjaan :
    1. Potong kabel data dku 5/ ca42 nya menjadi dua bagian (ikutin ajah ga usah ragu).
    2. Potong juga mini usb nya menjadi dua bagian
    3. Kupas lapisan kabel yang terpotong tadi sehingga keliahan kabel2 warna (kalo ga salah ada 5 kabel dengan warna berbeda)
    4. Kupas kabel2 warna tersebut (sedikit saja cuma biar keliatan tembaga) karena ini baru tahap pengetesan supaya bisa di ketahui Rx dan Tx dari kedua kabel tersebut.
    5. Untuk mini usb ikuti gambar di bawah
    6. Pin Name Cable color Description
      1 VCC Red +5 VDC
      2 D- White Data -
      3 D+ Green Data +
      4 GND Black Ground
      (catatan : pin x di gambar tersebut tidak di gunakan)
    7. Untuk Dku5/ca42 ikuti gambar di bawah
      1. Keterangan :
        1. Pin ke 6 adalah D+ (data +),
        2. Pin ke 7 adalah D- (data -),
        3. dan pin ke 8 adalah GND (ground)
        4. Semua gambar dan keterangan di atas di tes menggunakan multytester
    8. Kalo udah ketemu semuanya baru kita bisa sambung kabel D+ , D- , dan GND nya. (udah ngerti kan sambung2in nya? ya yang mini sama dku nya di hubungin antara kabel yang tadi udah abis di tes. misal di mini usb data + nya kabel hijau dan di dku5 nya data + nya warna biru ya langsung aja di sambung, ga usah ragu. Dan seterusnya ya)
    9. Oh ya lupa di kabel mini usb nya kan ada kabel yang VCC nya tuh. Kalo perlu ga usah di potong biar Kabel datanya bisa multy fungsi untuk cas sekalian. Kabel tersebut di sambungkan ke potongan mini usb yang tadi (nyambung kabelnya di samain yah warnanya)
    10. Kalo udah di sambung semua, baru di solder satu persatu biar kuat dan ga putus.
    11. Setelah di solder, lapisi bagian yang di solder tersebut dengan isolasi (ini di maksudkan agar ga ada hubungan antara kabel yang satu dengan yang lain, dan biar rapi)
    12. Bila sudah semuanya tutup dengan isolasi semuanya biar ga belangsitan, hehehehe
  • Oke tahap pembuatan udah jadi, untuk petunjuk cara pemakaian akan saya posting selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar